Foundation for a Smoke-Free World

FSFW P-0050

US$ 85.000

1 Juni 2020 – 30 November 2020

Uraian

Konsumsi tembakau di Indonesia telah menjadi faktor utama yang berkontribusi terhadap kematian Non-Communicable Diseases (NCD) dan berpotensi menyebarkan penyakit menular, khusunya tuberkulosis (TB). Pengeluaran pemerintah untuk penyakit yang disebabkan oleh tembakau juga sangat tinggi (hampir $ 1,2 miliar per tahun). Selain itu, peraturan pemerintah memberlakukan pajak cukai yang berbeda pada produk tembakau kurang efektif dalam mengurangi prevalensi merokok. Pemanfaatan dana cukai tembakau untuk mengendalikan konsumsi tembakau juga dianggap gagal.

Program komprehensif untuk mengurangi biaya ekonomi dari penggunaan tembakau tidak memadai pelaksanaan program pengendalian tembakau yang sedang berlangsung. Alasan utamanya karena kurangnya koordinasi dan tanggung jawab semua pemangku kepentingan dalam mendukung program pengendalian tembakau.

Studi ini akan menguraikan kesenjangan kebijakan terkait tindakan pengendalian tembakau dan memetakan isu-isu ekonomi utama tembakau yang terkait dengan kesehatan, pajak cukai, strategi penghentian, dan pengurangan dampak buruk. Tujuan akhir dari studi ini adalah untuk mengakhiri epidemi merokok di Indonesia dan melihat biaya ekonomi dan beban kesehatan yang terkait dengan morbiditas dan mortalitas tembakau.

Studi ini akan dilakukan oleh tim inti dari Yayasan Penabulu bekerja sama dengan Yayasan Pembangunan Indonesia (YPI), dan peneliti akademik dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran – Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Mataram dan Penasihat Nasional Komisi Ekonomi dan Industri (Kelompok Kerja Kesehatan dan Industri).

Studi pelingkupan ini akan dilakukan dengan menggunakan metodologi Analisis Situasional yang melibatkan pengumpulan data sistematis dan analisis data untuk mengidentifikasi dan memetakan status terkini masalah-masalah ekonomi tembakau dan kesehatan untuk menghasilkan peta jalan untuk membantu pemerintah dalam perumusan kebijakan.

Hasil kerja dalam studi ini berupa:

  • Laporan studi yang menyediakan serangkaian informasi komprehensif yang terkait dengan tindakan pengendalian tembakau dan garis besar masalah ekonomi utama dan kesenjangan kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi tembakau.
  • Draf roadmaps yang memberikan rekomendasi strategis kepada pemerintah dalam menyusun kebijakan pengaturan tentang pengendalian tembakau dan aspek ekonominya.
  • Pembentukkan komite penyusunan kajian yang terdiri dari akademisi, bisnis, pemerintah dan lembaga non-pemerintah untuk mengembangkan rancangan roadmaps di atas dan memberikan input teknis untuk perumusan kebijakan pemerintah.

Usulan proyek jangka panjang yang akan menentukan tindakan yang akan dibahas dalam langkah-langkah pengendalian tembakau dan masalah ekonomi utama sebagai garis besar dalam laporan studi pelingkupan, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan terkait dengan rekomendasi strategis yang disusun dalam peta jalan.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Foundation for a Smoke-Free World berdasarkan kerja sama FSFW P-0050 pada tanggal 29 Mei 2020 dengan total dukungan dana sebesar US$ 85.000,-