Pendukung Program

Global Fund – Jaringan Indonesia Positif (JIP)

Dokumen

082/Kontrak/JIP/VII/20

Anggaran

IDR 107.100.000

Periode

15 Juli 2020 – 15 November 2020

Uraian

JIP bersama dengan OPSI adalah organisasi Sub-Sub Recipient untuk program Global Fund NFMc 2018-2020. JIP dan OPSI menjalankan program untuk penguatan sistem komunitas (Community System Strengthening) dan menciptakan lingkungan yang kondusif dalam mengakses layanan kesehatan, khususnya bagi program penanggulangan HIV dan AIDS (Enabling Environment for Access) di 23 kota/kabupaten. Sejak 2018, JIP dan OPSI dalam upaya penguatan komunitas melakukan strategi intervensi untuk advokasi anggaran. Hal ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa:

  • Pelatihan advokasi anggaran di daerah untuk komunitas;
  • Public Hearing kepada pemangku kebijakan untuk dapat mendorong pengalokasian serta komitmen terkait HIV;
  • Pelibatan komunitas dalam kegiatan musrenbang;
  • Berjejaring dan bermitra dengan lembaga dengan core isu advokasi anggaran;
  • Membangun jejaring dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mendukung pengalokasian anggaran untuk HIV.

Yayasan Penabulu menjadi konsultan untuk mendokumentasikan strategi intervensi advokasi anggaran di 9 kota terpilih (Makassar, Surabaya, Malang, Semarang, Bandung, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Lampung, Medan). Dari proses pendokumentasian tersebut diharapkan bisa diperoleh cerita perubahan, praktik baik dan juga pembelajaran program untuk digunakan sebagai rekomendasi bagi perbaikan program di periode berikutnya.

Pendukung Program

Program ini didukung oleh Global Fund – Jaringan Indonesia Positif (JIP) berdasarkan kerja sama No. 082/Kontrak/JlP/VII/20 pada tanggal 15 Juli 2020, dengan total dukungan dana sebesar Rp. 107.100.000,-